Resep Kuah Pempek Rumahan Praktis Cukup 5 Langkah

Juli 28, 2021

PempekPalembang21.com - Olahan khas Palembang satu ini memang sudah bisa dibuat sendiri di rumah tanpa harus membelinya dalam keadaan matang. Anda pun juga dapat mencoba resep kuah pempek rumahan karena langkah-langkahnya yang digunakan terbukti lebih mudah. Terutama jika membuatnya pun cukup sedikit saja.

Resep Kuah Pempek Rumahan Praktis

resep kuah pempek rumahan
dengan bumbu sederhana, resep kuah pempek rumahan sudah bisa dibuat

Pempek menjadi kuliner khas Palembang yang terbukti disukai oleh banyak orang. Namun jika Anda menyantapnya tanpa menggunakan cuka, makan rasanya tidak akan lengkap. Kuah pempek ini merupakan saus hitam dengan rasa sedikit pedas dimana bisa mencelupkannya sebelum disantap.

1. Bahan yang Diperlukan

Ada beberapa bahan kuah pempek yang perlu Anda persiapkan dalam membuat kuah pempek ini. Semuanya bisa dengan mudah ditemui di swalayan, pasar tradisional atau bahkan telah tersedia sendiri di dapur. Namun, terdapat satu hingga tiga komponen perlu dicari lebih ekstra agar rasa cuko tetap khas.

Bahan utama yang perlu dipersiapkan mulai dari 1 liter air, 20 siung bawang putih, 20 buah cabai rawit, 4 sendok makan asam jawa, 4 sendok makan kecap manis, ½ kg gula merah, 2 sendok teh gula pasir, 2 sendok makan cuka dan 1 sendok teh garam. Siapkan gula aren, tongcai dan ebi sebagai pelengkap.

2. Menumis Bumbu sampai Harum

Cuci semua bahan yang perlu ditumis bersama mulai dari cabai rawit, bawang putih dan juga air. Haluskan terlebih dahulu menggunakan blender sampai halus. Sembari menunggunya, siapkan panci atau wajan sebagai wadahnya. Berikan sedikit minyak goreng dan tunggu hingga panas untuk menumis. 

Selanjutnya masukkan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam minyak panas tersebut. Aduk sampai tercium bau harum. Anda hanya perlu memastikan jika bawang putih dan cabai rawit telah matang dan siap untuk ditambahkan bahan-bahan berikutnya.

3. Penambahan Bahan-Bahan Lainnya

ebi bumbu pempek

Jika bumbu halus sudah tercium bau harum, Anda bisa mengecilkan api kompor. Selanjutnya masukkan bahan-bahan lainnya mulai dari gula merah, gula pasir, kecap, asam jawa dan garam ke dalamnya. Sebagai pelengkapnya, jangan lupa untuk menambahkan tongcai dan ebi terlebih dahulu.

Banyak orang akan menghaluskan tongcai dan ebi bersamaan sebelum dimasukkan ke dalam kuah pempek yang sedang dimasak. Anda bisa mengikuti cara ini karena kedua bahan tersebut dipercaya mampu memberikan rasa khas kuah pempek seperti pada aslinya di Palembang.

4. Tambahkan Cuka dan Lakukan Tes Rasa

Resep kuah pempek rumahan pastinya tidak lengkap tanpa Menambahkan cuka. Penambahan cuka menjadi tahapan terakhir yang bisa Anda lakukan setelah semua bahan sebelumnya matang dan tercium bau harum. Tambahkan saja dua sendok makan untuk kemudian diaduk hingga merata.

Sebelumnya jangan lupa untuk mengecilkan api kompor terlebih dahulu saat memasukkan cuka tersebut. Selanjutnya lakukan tes rasa agar bisa mengetahui apakah sudah enak atau belum. Tambahkan gula atau garam sesuai dengan selera.

5. Saring dan Masukkan ke Botol

Tahap terakhir yakni Anda bisa menyaring kuah pempek yang sudah matang tersebut untuk memisahkan cuka dengan bahan-bahan tidak halus di dalamnya. Saring saja menggunakan saringan seperti biasanya ketika masih dalam keadaan panas.

Jika Anda tidak langsung menyajikannya, masukkan langsung ke dalam botol. Tunggu sampai dingin terlebih dahulu sebelum ditutup. Masukkan ke kulkas untuk menyimpannya agar bisa dihidangkan beberapa hari ke depan.

Menyimpan Bumbu Kuah Pempek
bisa disimpan 7 hari lebih, resep kuah pempek rumahan di kulkas

Itulah tadi resep kuah pempek rumahan yang sangat sederhana dan bisa Anda praktekkan sendiri di rumah. Pastikan untuk menyiapkan bahan utama terlebih dahulu sebelum membuatnya. Menariknya semua komponen tersebut umumnya sudah tersedia di dapur.

Oh iya, untuk membuat kuah pempek bening , gunakan gula aren yang berwarna cerah. Maka, kuah yang dihasilkan nanti akan jadi bening.

Salam Wong Kito Galo

Pempek Palembang 21
4.4
Based on 460 reviews
powered by Google
lokasi pempek palembang 21
Agustus 22, 2021
Resep Pempek Sehat Buat Kamu Yang Hobi Jaga Berat Badan Ideal

PempekPalembang21.com - Bagi banyak orang, memasak hidangan ini nantinya akan membutuhkan banyak penyedap rasa sehingga dinilai kurang baik apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak. Namun Anda pun kini bisa mencoba resep pempek sehat untuk memberikan variasi camilan bergizi dalam rumah. Resep Pempek Sehat Dos Gluten Free Pempek dos gluten free ini merupakan olahan yang dibuat tanpa […]

Read More
Agustus 22, 2021
Cara Menyimpan Pempek di Kulkas Agar Awet dan Tahan Lama

PempekPalembang21.com - Olahan khas Palembang yang terbuat dari campuran ikan dan tepung ini memang sangat nikmat. Terlebih jika kondimen pelengkapnya yakni kuah cuko dibuat dengan rasa mirip seperti aslinya. Namun Anda perlu memperhatikan apa saja cara menyimpan pempek di kulkas agar tetap awet. Cara Menyimpan Pempek di Kulkas  Bagi Anda yang sering membuat pempek sendiri […]

Read More
Agustus 21, 2021
Cara Menyimpan Pempek di Freezer setelah Direbus

PempekPalembang21.com - Perebusan menjadi tahapan paling akhir dalam mengolah hidangan khas Palembang ini. Ketika Anda membuatnya dengan jumlah banyak, maka harus disimpan di lemari pendingin agar tidak busuk. Lantas bagaimana cara menyimpan pempek di freezer setelah direbus agar tetap tahan lama? Cara Menyimpan Pempek di Freezer Pempek yang sudah direbus tidak harus digoreng langsung dan […]

Read More
KAMI SIAP MELAYANI ANDA
© 2021 Pempek Palembang 21 by Grow&Bless