5 Cara Menggoreng Pempek Beku Agar Teksturnya Tetap Lembut

Juli 26, 2021

PempekPalembang21.com - Kini memang sudah banyak tersedia frozen food yang siap goreng sehingga Anda tidak perlu membuatnya dari awal. Salah satunya ialah hidangan khas Palembang satu ini. Cara menggoreng pempek beku nyatanya memiliki tips tersendiri sehingga tanpa menimbulkan adonan meletup.

Cara Menggoreng Pempek Beku

Pempek sendiri terbuat dari campuran ikan dan tepung kanji sehingga menjadi kesukaan banyak orang lantaran memiliki rasa yang gurih dan khas. Kini Anda bisa membelinya dalam bentuk beku sehingga hanya menggorengnya saja di rumah. Lantas bagaimana cara menggoreng pempek beku khususnya agar tidak meletup?

1. Mencuci Pempek Beku dengan Air Matang Terlebih Dahulu

Tepung sagu yang menutupi permukaan pempek akan membuatnya menjadi lengket. Nantinya bisa menempel pada wajan penggorengan. Jika Anda tidak mencucinya terlebih dahulu, maka lama kelamaan dapat merusak sisi penggorengnya sehingga mengalami pengikisan apabila dibiarkan.

Selain itu, jika tepung sagu yang menempel tidak dibersihkan terlebih dahulu, akan mengotori minyak goreng. Keadaan ini membuat Anda hanya bisa menggunakannya dua atau tiga kali penggorengan saja agar hasil gorengan tetap cantik tanpa berubah warna menjadi coklat. Jadi jangan lupakan hal ini.

2. Merebus atau Mengukus Terlebih Dahulu

Sebelum menggoreng pempek ke dalam minyak yang panas, Anda perlu merebus atau mengukusnya terlebih dahulu. Setidaknya perebusan atau pengukusan hanya dilakukan selama tiga atau lima menit saja. Tujuannya adalah mematangkan semua bagian termasuk di dalamnya agar tidak membeku.

Pempek beku yang baru saja dikeluarkan dari kulkas tentunya memiliki bagian keras terutama di dalamnya. Jika Anda langsung menggorengnya tanpa dipanaskan terlebih dahulu, maka akan membuat beberapa sisi masih dingin meskipun permukaan luarnya sudah matang dan garing.

3. Menyesuaikan dengan Jenis Pempek yang Digoreng

cara menggoreng pempek beku

Jadi ada beberapa cara menggoreng yang perlu Anda sesuaikan dengan jenis pempeknya. Misalnya untuk memotongnya disesuaikan berdasarkan ukurannya. Pempek berjenis lenjer perlu dipotong menjadi bagian lebih kecil terlebih dahulu agar matangnya merata ketika dimasukkan dalam minyak.

Atau juga pelajari juga cara membuat pempek dos langsung goreng, jika ingin praktik membuat pempek sendiri yang mudah dirumah.

Selanjutnya suhu penggorengan yang digunakan juga berbeda. Jika ingin menggoreng pempek kapal selam, telor, lenjer dan dos maka bisa menggunakan minyak dalam keadaan panas. Namun apabila hendak memasak pempek kulit dan adaan, dapat dimasukkan saat belum panas agar tidak lengket

4. Tidak Perlu Menggoreng Terlalu Lama

Anda tidak perlu menggoreng pempek terlalu lama karena hanya akan membuat teksturnya menjadi alot atau bahkan adonannya sampai meletus ke luar wajan. Jadi cobalah untuk memasaknya tanpa harus menggunakan waktu lama.

Kriteria cara menggoreng pempek beku cukup lihat warna pempek yang digoreng. Anda bisa membalikkan dan mengangkat pempek jika warnanya sudah berubah warna kekuningan kecoklatan. Segera angkat dan tiriskan. Perubahan menjadi lebih coklat sudah menandakan bahwa pempek tersebut telah matang termasuk juga bagian dalamnya.

5. Jangan Memasukkan Pempek dalam Penggorengan Sekaligus

cara goreng pempek
cara menggoreng pempek beku sedikit-sedikit agar tidak lengket

Meskipun Anda ingin menyajikan pempek dalam keadaan banyak, namun usahakan untuk tidak memasukkan semua adonan ke wajan sekaligus. Cemplungkan saja satu per satu dan berikan jeda setidaknya sekitar lima detik. Tujuannya agar matang sempurna tanpa ada satupun yang menempel.

Anda bisa menggoreng pempek sekitar lima sampai enam biji dalam satu kali penggorengan. Sesuaikan saja dengan ukuran wajannya agar tidak terlalu penuh dan lengket satu sama lain karena akan susah ketika dibalik dan diangkat.

Cara menggoreng pempek beku di atas bisa Anda praktekkan ketika hendak menyajikannya. Adonan yang baru saja dikeluarkan dari lemari pendingin memang tidak disarankan untuk digoreng langsung. Jadi perlu beberapa treatment sebelumnya agar mendinginkannya terlebih dahulu pada suhu ruang.

Pempek Palembang 21
4.4
Based on 461 reviews
powered by Google
lokasi pempek palembang 21
Agustus 22, 2021
Resep Pempek Sehat Buat Kamu Yang Hobi Jaga Berat Badan Ideal

PempekPalembang21.com - Bagi banyak orang, memasak hidangan ini nantinya akan membutuhkan banyak penyedap rasa sehingga dinilai kurang baik apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak. Namun Anda pun kini bisa mencoba resep pempek sehat untuk memberikan variasi camilan bergizi dalam rumah. Resep Pempek Sehat Dos Gluten Free Pempek dos gluten free ini merupakan olahan yang dibuat tanpa […]

Read More
Agustus 22, 2021
Cara Menyimpan Pempek di Kulkas Agar Awet dan Tahan Lama

PempekPalembang21.com - Olahan khas Palembang yang terbuat dari campuran ikan dan tepung ini memang sangat nikmat. Terlebih jika kondimen pelengkapnya yakni kuah cuko dibuat dengan rasa mirip seperti aslinya. Namun Anda perlu memperhatikan apa saja cara menyimpan pempek di kulkas agar tetap awet. Cara Menyimpan Pempek di Kulkas  Bagi Anda yang sering membuat pempek sendiri […]

Read More
Agustus 21, 2021
Cara Menyimpan Pempek di Freezer setelah Direbus

PempekPalembang21.com - Perebusan menjadi tahapan paling akhir dalam mengolah hidangan khas Palembang ini. Ketika Anda membuatnya dengan jumlah banyak, maka harus disimpan di lemari pendingin agar tidak busuk. Lantas bagaimana cara menyimpan pempek di freezer setelah direbus agar tetap tahan lama? Cara Menyimpan Pempek di Freezer Pempek yang sudah direbus tidak harus digoreng langsung dan […]

Read More
KAMI SIAP MELAYANI ANDA
© 2021 Pempek Palembang 21 by Grow&Bless