Langkah Mudah plus Cara Membuat Adonan Pempek Agar Tidak Keras

Juli 18, 2021

PempekPalembang21.com - Cara membuat adonan pempek agar tidak keras berikut ini bisa Anda coba agar menghasilkan makanan khas Palembang yang enak seperti aslinya. Pasalnya banyak orang memang mendapatkan hasilnya kurang memuaskan seperti susah dibentuk terlalu lembek dan lain sebagainya.

Cara Membuat Adonan Pempek Agar Tidak Keras

cara membuat adonan pempek agar tidak keras

Membuat pempek bisa dikatakan gampang-gampang susah. Terutama jika ingin memperoleh hasil lembut yang sempurna maka dapat dibilang cukup sulit. Anda berhasil membuatnya apabila adonan tidak akan lengket di wajan ketika digoreng. Berikut beberapa caran membuat adonan pempek agar tidak keras yang bisa kami bagikan:

1. Menggunakan Ikan yang Dagingnya Lengket

Perlu Anda pahami dahulu bahwa kini untuk membuat pempek sudah bisa menggunakan ikan dengan berbagai jenis. Tentunya memiliki tekstur berbeda meskipun sama-sama mempunyai rasa enak dan gurih. Hal ini harus diperhatikan pemilihannya karena berkaitan akan hasilnya nanti.

Dengan penggunaan ikan yang berbeda tentunya cara membuat adonan pempek agar tidak keras untuk masing-masing bahan pastilah sedikit berbeda.

Masyarakat Palembang umumnya memilih menggunakan ikan belida sebagai bahan utamanya. Jika sedang tidak ada, maka sering menggantinya dengan ikan gabus. Anda bisa memakai apapun asalkan tekstur dagingnya lengket sehingga mudah untuk dicampur bersama adonan ketika tengah diuleni.

2. Membanting-banting Ikan sebelum Digunakan

Perlu Anda ketahui bahwa di dalam ikan terdapat senyawa yang bernama gelatin. Kandungan ini akan membuat pempek menjadi kenyal ketika menyatu dengan adonan. Jadi sebelum membuatnya, agar lebih mudah bercampur secara rata, lebih baik dibanting-banting terlebih dahulu.

Sebenarnya hal ini juga berhubungan dengan banyaknya tepung sagu yang ditambahkan. Penambahan paling banyak hanya sebesar 25% dari total keseluruhan penggunaan ikan. Bahan ini berperan sebagai perekat atau penyatu adonan sehingga tidak perlu ditambahkan dalam jumlah banyak.

Perlu diingat bahwa tujuan utama kita membuat pempek adalah untuk membuat pempek yang enak. Maka, penggunaan tepung yang tidak berlebihan merupakan cara membuat adonan pempek agar tidak keras yang terbaik.

Pastinya, tepung yang sedikit akan membuat cita rasa ikannya makin nendang saat dihidangkan nanti.

3. Proses Uleni Harus Benar

cara membuat Adonan pempek yang tidak keras sebenarnya cukup mudah jika Anda tahu dimana kuncinya. Hal ini berada di proses menguleni harus benar. Trik paling gampang yakni dengan menambahkan tepung terigu agar mempermudah. Gunakan juga tepung sagu berwarna putih cerah dan berkualitas bagus.

Selama tepung sagu belum ditambahkan, proses pengulenan dapat dilakukan selama mungkin. Gunakan pengaduk atau diaduk secara manual agar tidak mengandalkan mesin mixer karena dikhawatirkan akan terlalu lama ketika pengadukan.

4. Merebus ke dalam Air Mendidih dengan Minyak Goreng

Perebusan pempek harus dilakukan ke dalam air yang sudah mendidih. Pastikan jika apinya tidak terlalu besar karena akan membuat adonan mudah sekali mengembang dan mengempis ketika sudah didinginkan. Cukup direbus menggunakan suhu sedang sehingga harus dikontrol secara rutin.

Jangan lupa untuk menambahkan minyak goreng sebelum adonan pempek dimasukkan. Tujuannya agar tidak saling menempel dan matang secara merata. Biasanya banyak orang melupakan hal ini dan membuat hasil akhirnya lengket satu sama lain sehingga merusak bentuknya.

Penambahan minyak goreng ini merupakan kunci dalam cara membuat adonan pempek agar tidak keras yang jarang dibagikan penjual pempek. umumnya hanya dibagikan resepnya saja, namun bagian step by step pemasakan jarang penjual yang membagikannya.

5. Menggoreng Pempek dengan Minyak Panas

menggoreng pempek

Setelah pempek sudah matang setelah direbus, Anda bisa menggorengnya setelah ditiriskan. Panaskan minyak dengan jumlah cukup banyak agar proses penggorengan membuat semuanya tenggelam ke dalamnya. Gunakan saja wajan anti lengket sebagai antisipasinya.

Panaskan minyak sampai benar-benar siap digunakan untuk menggoreng. Namun jangan sampai digoreng terlalu lama karena hanya membuat pempek pecah dan meletus. Angkat dan tiriskan ketika permukaan kulitnya sudah berubah menjadi keemasan.

Anda bisa mengikuti cara membuat adonan pempek agar tidak keras seperti di atas. Anggap saja saat proses pembuatan memang selalu terjadi trial and error. Jangan menyerah jika selalu mengalami kegagalan ketika sedang mencobanya karena makanan ini memang gampang-gampang susah.

Pempek Palembang 21
4.4
Based on 460 reviews
powered by Google
lokasi pempek palembang 21
Agustus 22, 2021
Resep Pempek Sehat Buat Kamu Yang Hobi Jaga Berat Badan Ideal

PempekPalembang21.com - Bagi banyak orang, memasak hidangan ini nantinya akan membutuhkan banyak penyedap rasa sehingga dinilai kurang baik apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak. Namun Anda pun kini bisa mencoba resep pempek sehat untuk memberikan variasi camilan bergizi dalam rumah. Resep Pempek Sehat Dos Gluten Free Pempek dos gluten free ini merupakan olahan yang dibuat tanpa […]

Read More
Agustus 22, 2021
Cara Menyimpan Pempek di Kulkas Agar Awet dan Tahan Lama

PempekPalembang21.com - Olahan khas Palembang yang terbuat dari campuran ikan dan tepung ini memang sangat nikmat. Terlebih jika kondimen pelengkapnya yakni kuah cuko dibuat dengan rasa mirip seperti aslinya. Namun Anda perlu memperhatikan apa saja cara menyimpan pempek di kulkas agar tetap awet. Cara Menyimpan Pempek di Kulkas  Bagi Anda yang sering membuat pempek sendiri […]

Read More
Agustus 21, 2021
Cara Menyimpan Pempek di Freezer setelah Direbus

PempekPalembang21.com - Perebusan menjadi tahapan paling akhir dalam mengolah hidangan khas Palembang ini. Ketika Anda membuatnya dengan jumlah banyak, maka harus disimpan di lemari pendingin agar tidak busuk. Lantas bagaimana cara menyimpan pempek di freezer setelah direbus agar tetap tahan lama? Cara Menyimpan Pempek di Freezer Pempek yang sudah direbus tidak harus digoreng langsung dan […]

Read More
KAMI SIAP MELAYANI ANDA
© 2021 Pempek Palembang 21 by Grow&Bless