5 Bahan Cuko Pempek Sebagai Komponen Utama

Agustus 8, 2021

PempekPalembang21.com - Ada beberapa bahan cuko pempek yang wajib Anda siapkan jika ingin menghasilkan rasa seperti aslinya di Palembang. Sayangnya, diantaranya memang cukup sulit untuk diperoleh sehingga perlu dicari di pasar atau swalayan lebih ekstra lagi. Namun ada juga pengganti lainnya sebagai alternatif.

Bahan Cuko Pempek yang Wajib Ada

bahan cuko pempek

Pempek seenak apapun rasanya apabila dimakan tanpa disajikan dengan saus cuko tentu rasanya menjadi kurang nikmat. Namun kini Anda sudah bisa membuatnya sendiri di rumah. Sebenarnya, bahan cuko pempek resepnya sangat sederhana namun ada beberapa bahan wajib disiapkan agar terasa seperti aslinya.

1. Gula Aren atau Gula Merah

Gula aren yang ditambahkan saat membuat bahan cuko pempek dikatakan sebagai bahan utamanya. Pasalnya tidak hanya berfungsi untuk menambahkan rasa namun juga membentuk tekstur kental serta memberikan warna hitam. Anda hanya perlu menggunakan perbandingan dengan air sekitar 1:1.

Alangkah lebih baik untuk menggunakan gula aren daripada gula merah meskipun cukup sulit ditemukan di pasar secara umum sebagai kebutuhan dapur. Namun hal ini bertujuan agar warna dari cuko pempek menjadi gelap sehingga terlihat seperti aslinya di Palembang.

Berbeda dengan resep cuko pempek Bangka. Gula yang digunakan adalah gula pasir sehingga warnanya tidak begitu gelap. Bahkan, penggunaan cabe rawit membuatnya cenderung berwarna merah.

2. Bumbu Halus

Sebagai penambah rasa secara alami, setidaknya Anda menyiapkan cabai rawit dan bawang putih. Kedua bahan tersebut harus dihaluskan bersama sebelum dimasak bersama. Jumlahnya pun dapat disesuaikan dengan selera masing-masing terutama jika ingin membuat cuko terasa pedas dan gurih.

Anda bisa menambahkan sekitar 10 cabai rawit dan 20 siung bawang putih. Selanjutnya cuci terlebih dahulu dan pisahkan dengan kulit dan tangkainya. Blender sampai halus untuk kemudian dimasak bersama menggunakan minyak goreng panas sampai tercium bau harum.

3. Asam Jawa dan Asam Cuka

bahan cuko pempek

Rasa yang dimiliki oleh cuko pempek memang sangat segar karena terasa asam. Hal ini dikarenakan adanya penambahan asam cuka dan juga cuka dapur. Anda bisa menambahkan kedua bahannya daripada hanya satu saja agar lebih sedap.

Menambahkan asam jawa memang memberikan rasa asam yang khas namun tidak begitu kuat. Solusinya adalah dengan menggunakan cuka dapur sebagai penguatnya. Namun perlu diingat jangan memasuknnya terlalu banyak karena cukup berbahaya bagi penderita sakit lambung.

4. Ebi Sangrai

Ebi sangrai dikatakan sebagai bahan cuko pempek yang mampu memberikan rasa gurih khas seperti cuko asli Palembang. Nantinya Anda bisa mengkombinasikannya dengan tongcai. Keduanya akan dihaluskan menggunakan blender sebelum dimasak dengan komposisi lainnya.

Ebi sendiri merupakan hasil pengeringan udang di bawah sinar matahari langsung. Rasanya gurih dan sedikit amis sehingga memberikan rasa yang khas pada cuko pempek nantinya. Perlu diperhatikan untuk tidak menggantinya dengan terasi meskipun sumbernya berasal dari bahan serupa.

5. Tongcai atau Sawi Fermentasi

Sebagai pelengkap cara bikin cuko pempek ini, Anda perlu menambahkan tongcai. Bahan ini lebih sering ditemukan dalam masakan Chinese. Jadi ketika hendak membelinya di swalayan, pergilah ke bagian bumbu khusus untuk hidangan China. Fungsinya adalah memberikan rasa gurih dan khas.

Tongcai adalah hasil fermentasi dari sawi putih yang kemudian diasinkan. Hal ini menjadi alasan mengapa rasanya sedikit gurih saat ditambahkan ke dalam cuko pempek. Anda harus menghaluskannya terlebih dahulu sebelum dimasak bersamaan dengan bahan lainnya.

Kelima bahan cuko pempek di atas dianggap sebagai komponen utama ketika ingin membuat saus tersebut terasa seperti aslinya di Palembang. Dua komposisi yang menjadik kuncinya adalah penggunaan gula aren, tongcai dan juga ebi sangrai sehingga wajib untuk disiapkan terlebih dahulu.

Pempek Palembang 21
4.4
Based on 460 reviews
powered by Google
lokasi pempek palembang 21
Agustus 22, 2021
Resep Pempek Sehat Buat Kamu Yang Hobi Jaga Berat Badan Ideal

PempekPalembang21.com - Bagi banyak orang, memasak hidangan ini nantinya akan membutuhkan banyak penyedap rasa sehingga dinilai kurang baik apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak. Namun Anda pun kini bisa mencoba resep pempek sehat untuk memberikan variasi camilan bergizi dalam rumah. Resep Pempek Sehat Dos Gluten Free Pempek dos gluten free ini merupakan olahan yang dibuat tanpa […]

Read More
Agustus 22, 2021
Cara Menyimpan Pempek di Kulkas Agar Awet dan Tahan Lama

PempekPalembang21.com - Olahan khas Palembang yang terbuat dari campuran ikan dan tepung ini memang sangat nikmat. Terlebih jika kondimen pelengkapnya yakni kuah cuko dibuat dengan rasa mirip seperti aslinya. Namun Anda perlu memperhatikan apa saja cara menyimpan pempek di kulkas agar tetap awet. Cara Menyimpan Pempek di Kulkas  Bagi Anda yang sering membuat pempek sendiri […]

Read More
Agustus 21, 2021
Cara Menyimpan Pempek di Freezer setelah Direbus

PempekPalembang21.com - Perebusan menjadi tahapan paling akhir dalam mengolah hidangan khas Palembang ini. Ketika Anda membuatnya dengan jumlah banyak, maka harus disimpan di lemari pendingin agar tidak busuk. Lantas bagaimana cara menyimpan pempek di freezer setelah direbus agar tetap tahan lama? Cara Menyimpan Pempek di Freezer Pempek yang sudah direbus tidak harus digoreng langsung dan […]

Read More
KAMI SIAP MELAYANI ANDA
© 2021 Pempek Palembang 21 by Grow&Bless