Aneka Jenis Pempek Kecil

Aneka jenis Pempek Palembang ukuran kecil. Walaupun sama-sama terbuat dari adonan ikan tenggiri dan tepung serta disajikan dengan kuah cuko yang asam pedas, ternyata pempek Palembang ada bermacam-macam jenisnya.

Di Pempek Palembang 21 kami menyediakan 6 macam pempek ukuran kecil yang biasa jadi teman sarapan, makan siang dan makan malam orang Palembang. 😁

Ini ke 6 jenis pempek Palembang yang kami siapkan :

1. Pempek Adaan atau Pempek Bulat

Jenis pempek ini berbentuk bulat, sehingga beberapa orang juga menyebutnya sebagai pempek bulat.

Pempek adaan–atau pempek bulat–ini punya cita rasa gurih yang khas. Karena selain gurihnya sensasi umami dari fillet ikan sebagai bahan utamanya, Selain itu, penambahan bawang merah potong dan rempah-rempah segar pun turut memperkaya rasa dan aroma jajanan yang satu ini.

Tidak seperti varian yang lain, jenis ini tidak direbus dulu melainkan langsung digoreng. Namun untuk urusan penyajian tetap sama kok. Apa pun variannya, pempek Palembang selalu disandingkan dengan kuah cuko yang pedas-segar ala wong kito galo.

2. Pempek Kapal Selam Kecil atau telur kecil

Berbeda dengan varian kami Pempek Kapal Selam Besar, Pempek Kapal Selam Kecil diisi dengan telur kocok. Tapi Rasa ga kalah enak dengan yang besar loh. Rasa gurih telur dan segarnya ikan tenggiri kami dijamin kamu puas makan pempek ini.

3. Pempek Lenjer atau Panjang

Bentuk pempek yang satu ini sesuai dengan namanya, lenjer yang berarti panjang.

Dalam hal penyajian, lenjer biasanya dipotong-potong seukuran sekali gigit dan disajikan bersama kuah cuko. Untuk memperkuat sensasi umami pada sajian, biasanya lenjer disajikan dengan taburan bubuk ebi.

Kalau anda tertarik membuat pempek sendiri, proses memasak pempek lenjer ini terbilang cukup mudah, sehingga cocok untuk Anda yang baru belajar mengkreasikan resep pempek Palembang.

4. Pempek Keriting atau Mie

Pempek ini berbentuk keriting seperti kerupuk mie. Adonannya dibentuk dengan cara ditekan-tekan menggunakan alat yang disebut pirikan, yaitu semacam piring berlubang yang biasa digunakan untuk menggiling daging.

Setelah ditekan, adonan akan keluar melalui lubang kecil pada pirikan sehingga berbentuk keriting seperti mie, lalu direbus.

Penyajian Pempek Keriting opsional, bisa disajikan langsung setelah direbus, atau digoreng terlebih dahulu. Kebanyakan orang sih menyukai versi goreng, karena teksturnya lebih garing dan aromanya lebih menggoda. Kalau orang Palembang asli paling menyukai pempek keriting ini dalam kondisi Rebus.

5. Pempek Kulit Ikan

Pempek kulit adalah salah satu varian yang langsung digoreng (tanpa direbus terlebih dahulu). Bentuknya bulat pipih dengan tekstur garing dan renyah-kenyal.

Adonan pempek ini tidak menggunakan fillet ikan seperti varian yang lain, melainkan memanfaatkan kulit ikan yang sudah dihaluskan. Oleh karena itu, warnanya pun cenderung lebih gelap

6. Pempek Kates atau Pistel

Varian ini berbentuk seperti kudapan pastel, menggembung dan terdapat pilinan adonan di pinggirnya.

Keunikan dari pempek pistel–beberapa orang menyebutnya pastel, atau pempek pastel–ini adalah isiannya, yaitu parutan pepaya muda yang ditumis dengan santan dan ebi. Penambahan bumbu dan rempah alami pastinya akan menambah kelezatan dan aroma yang menggoda dari pempek pistel ini.

Cara Menggoreng Pempek Kecil

Apabila anda membeli pempek kecil dalam kondisi rebus, panaskan terlebih dahulu minyak goreng dengan api sedang. Lalu goreng pempeknya sampai warnanya kuning.

Apabila anda membeli dari kondisi rebus, cek artikel kami bagaimana cara menggoreng pempek dari kondisi beku ya.

Cara Penyimpanan Pempek Kecil

Untuk Menyimpan Pempek Kecil anda bisa memasukkannya ke dalam Freezer atau Chiller. Untuk Freezer pempek akan tahan selama 1 bulan, sedangkan untuk chiller pempek akan tahan selama 2 Hari saja ya.
KAMI SIAP MELAYANI ANDA
© 2021 Pempek Palembang 21 by Grow&Bless