5 Tips Menyimpan Pempek Palembang yang Efektif dan Tahan Lama

Mei 19, 2021

Nikmati pempek kapan pun Anda mau secara aman dan higienis

Pempek Palembang yang terbuat dari olahan fillet ikan dan tepung memang sangat nikmat, apalagi dengan condiment kuah cuko-nya itu. Jajanan khas wong kito galo ini paling nikmat untuk langsung dinikmati setelah matang.

menyimpan pempek palembang untuk dimakan

Namun terkadang, pempek Palembang yang kita buat terlalu banyak untuk dihabiskan dalam sekali makan. Sayang kan, kalau harus dibuang? Pastinya Anda ingin menyimpan pempek palembang tersebut untuk dikonsumsi nanti.

Perlu diketahui bahwa ketahanan menyimpan pempek palembang adalah maksimal 2 hari pada suhu ruangan. Nah, secara umum, bahan yang digunakan harus segar dan bersih dan alat yang digunakan harus benar-benar steril agar pempek tidak cepat rusak.

Pempek memiliki kandungan air yang dapat berpengaruh pada daya tahan simpannya, karena makanan yang lembap jauh lebih cepat ditumbuhi mikroba daripada yang tidak.

Oleh karena itu, setelah adonan pempek diolah, makanan tersebut ditiriskan atau dikeringkan permukaannya agar kandungan airnya berkurang. Beberapa orang juga berinisiatif melumuri permukaan pempek dengan tepung supaya tetap kering.

Agar pempek tetap bisa dinikmati dalam beberapa waktu yang lama, tentunya menyimpan pempek harus dilakukan dengan baik. Berikut ini adalah beberapa tips menyimpan pempek yang efektif, efisien, dan membuatnya mampu bertahan lama.

1. Pembungkusan yang tepat

pempek palembang frozen

Dalam penyimpanan makanan seperti pempek Palembang, hal utama yang harus diperhatikan adalah pembungkusan. Karena salah satu penyebab makanan cepat basi adalah adanya proses oksidasi. Oksidasi adalah proses reaksi pengikatan oksigen, yang mana memberi kesempatan mikroorganisme untuk hidup dan berkembang biak.

Untuk mencegah hal ini, pembungkusan pempek harus rapat dan kedap udara. Salah satu cara untuk membungkus pempek adalah dengan plastik vakum. Jika tidak ada plastik vakum atau pembungkus kedap udara, simpan pempek dalam wadah tertutup yang menyisakan udara seminim mungkin.

Penggunaan plastik vakum ini bertujuan untuk mencegah udara masuk sehingga pempek tidak teroksidasi. Dengan begitu, jamur, bakteri, dan mikroorganisme lainnya tidak mendapat kesempatan untuk hidup.

2. Suhu dingin membantu ketahanan

Suhu dingin merupakan kondisi lingkungan ideal untuk mengawetkan makanan secara alami alias tanpa penambahan bahan pengawet. Hal ini dikarenakan suhu dingin dapat menghambat pertumbuhan bakteri, jamur, dan mikroorganisme lainnya yang menyebabkan makanan menjadi basi.

Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, pempek mampu bertahan maksimal 2 hari pada suhu ruangan. Lalu bagaimana ketahanannya jika kita simpan di lingkungan bersuhu lebih rendah?

Pempek yang disimpan di dalam kulkas atau lemari pendingin dapat bertahan selama 3-4 hari. Jika disimpan pada suhu beku di dalam freezer, pempek bahkan bisa tahan hingga lebih dari 40 hari. Hal ini dengan catatan pempek dibungkus dengan baik ya. Terkait poin 1 di atas, disarankan untuk memakai wadah penyimpanan kedap udara.

Jika pempek sudah ditaruh di udara terbuka seharian dan ingin disimpan lagi, kukus lagi pempek yang ingin disimpan, tiriskan, lalu tunggu dingin. Masukkan pempek ke dalam wadah tertutup rapat dan simpan dalam lemari pendingin.

Jangan lupakan poin pertama sebelum memasukkan ke dalam freezer, karena kalau proses pembungkusan tidak dilakukan dengan baik, takutnya pempek akan mengalami freezer burn. Kalau sudah begini, pempek akan kehilangan tekstur dan rasa aslinya.

3. Jaga kestabilan suhu tempat penyimpanan

Selain cara pengemasan dan suhu lingkungan, kinerja pengatur suhu pada kulkas dan freezer juga harus diperhatikan untuk menjaga ketahanan pempek. Sangat dianjurkan untuk menjaga suhu kulkas di bawah 4,4 derajat celcius. Sementara untuk suhu freezer, jaga di kisaran angka 17 derajat celcius.

Cek suhu kulkas dan freezer secara berkala untuk memastikan kestabilan suhunya dari waktu ke waktu. Jika Anda menyimpan pempek di freezer, Anda ingin memastikan pempek tersebut segera membeku. Dengan begitu, pertumbuhan mikroorganisme bisa dicegah sedini mungkin.

4. Beri label, terapkan sistem FIFO

Hal ini nampaknya sepele, tapi penting untuk menjaga siklus persediaan pempek dan makanan Anda yang lain di dalam kulkas/freezer. Beri label bertuliskan tanggal saat makanan dimasukkan ke dalam lemari pendingin.

Kebiasaan menulis label ini berguna bagi Anda untuk:

● Melihat dengan cepat berapa lama pempek sudah tersimpan.

● Meminimalisir peluang tersimpannya pempek basi/kadaluarsa

Nah, untuk memaksimalkan kedua manfaat di atas, peletakan pempek dalam freezer juga sebaiknya diperhatikan. Selalu letakkan pempek baru di bagian paling belakang, dan selalu ambil pempek yang ingin dimasak dari barisan paling depan.

Sistem sirkulasi seperti inilah yang disebut dengan sistem FIFO (First In First Out).

Apa itu FIFO? Secara singkat, ini adalah sistem penyimpanan makanan yang memudahkan Anda untuk menggunakan makanan yang disimpan terlebih dahulu. Sedangkan yang tersimpan belakangan akan Anda gunakan di kemudian hari.

Selain membantu Anda untuk selalu menggunakan makanan segar dengan kalendar rotasi, sistem FIFO ini juga berguna untuk mengurangi banyaknya makanan yang terbuang sia-sia karena basi dan terlupa. Jadi, walaupun disimpan di dalam lemari pendingin, lama penyimpanan juga tidak boleh dilupakan ya.

5. Cairkan yang dibutuhkan

Poin kelima ini berkaitan dengan kualitas pempek tersimpan yang akan Anda gunakan kembali. Ketika mengeluarkan pempek beku dari freezer, hindari untuk mencairkannya di suhu ruangan. Hal ini disebabkan karena pertumbuhan bakteri paling optimal di suhu ruangan.

Proses pencairan atau yang disebut juga dengan istilah thawing ini dapat dilakukan dengan menaruh pempek di kulkas bagian bawah. Pastikan untuk mencairkan makanan yang akan dimasak saja. Karena jika pempek terlalu sering dicairkan kemudian dibekukan kembali, rasa dan teksturnya lama kelamaan akan berubah.

Nah, itu tadi kelima tips kali ini untuk memastikan agar pempek yang Anda simpan bisa awet dan terjaga mutunya. Baik dari segi rasa, tekstur, maupun aromanya.

Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Pempek Palembang 21
4.4
Based on 460 reviews
powered by Google
lokasi pempek palembang 21
Agustus 22, 2021
Resep Pempek Sehat Buat Kamu Yang Hobi Jaga Berat Badan Ideal

PempekPalembang21.com - Bagi banyak orang, memasak hidangan ini nantinya akan membutuhkan banyak penyedap rasa sehingga dinilai kurang baik apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak. Namun Anda pun kini bisa mencoba resep pempek sehat untuk memberikan variasi camilan bergizi dalam rumah. Resep Pempek Sehat Dos Gluten Free Pempek dos gluten free ini merupakan olahan yang dibuat tanpa […]

Read More
Agustus 22, 2021
Cara Menyimpan Pempek di Kulkas Agar Awet dan Tahan Lama

PempekPalembang21.com - Olahan khas Palembang yang terbuat dari campuran ikan dan tepung ini memang sangat nikmat. Terlebih jika kondimen pelengkapnya yakni kuah cuko dibuat dengan rasa mirip seperti aslinya. Namun Anda perlu memperhatikan apa saja cara menyimpan pempek di kulkas agar tetap awet. Cara Menyimpan Pempek di Kulkas  Bagi Anda yang sering membuat pempek sendiri […]

Read More
Agustus 21, 2021
Cara Menyimpan Pempek di Freezer setelah Direbus

PempekPalembang21.com - Perebusan menjadi tahapan paling akhir dalam mengolah hidangan khas Palembang ini. Ketika Anda membuatnya dengan jumlah banyak, maka harus disimpan di lemari pendingin agar tidak busuk. Lantas bagaimana cara menyimpan pempek di freezer setelah direbus agar tetap tahan lama? Cara Menyimpan Pempek di Freezer Pempek yang sudah direbus tidak harus digoreng langsung dan […]

Read More
KAMI SIAP MELAYANI ANDA
© 2021 Pempek Palembang 21 by Grow&Bless